Partisipan akumassa di Saidjah Forum

Saidjah forum berdiri pada 3 Februari 2005 di Serang, dibentuk oleh beberapa mahasiswa komunikasi, kampus Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) Serang. Sejak itu forum ini mengalami perjalanan dalam pengorganisasian, kemudian Juli 2007, Fuad Fauji dan Helmi Darwan sebagai ketua pengurus forum ini memutuskan untuk pindah menuju Rangkasbitung, maka sejak 2007 Saidjah Forum berdomisili dan fokus pada permasalahan sosial budaya di wilayah Lebak, tepatnya kota Rangkasbitung.

Para partisipan

Fuad Fauji yang lahir di Lebak 10 Maret 1982, merupakan salah satu pendiri dari Saidjah Forum. menyelesaikan sekolahnya di perguruan tinggi yang ada di Banten jurusan Jurnalistik . Berkeinginan, bertujuan, dialah si pemilik gerak langkah pemalas. Pemuda yang memiliki raut muka menyedihkan tetapi pandai berpura-pura. Dibesarkan dari keluarga religius dan memiliki kawan-kawan yang sederhana, memimpikan membuat Sekolah Rakyat di daerahnya. Pernah bekerja menjadi loper koran, ojek motor, kernet bis jurusan Rangkasbitung-Bogor tetapi memilih berhenti setelah menabrak orang. Lalu menurut ceritanya ia pernah menjadi seorang jurnalis media lokal dan menjadi dosen gadungan. Salah satu pendiri Perpustakaan Ramandha yang sekarang banyak menghabiskan waktunya belajar di Forum Lenteng Jakarta. Aktivitasnya sekarang menjadi periset dan membuat video, pria ini lebih memilih menjadi orang biasa-biasa saja.

Fuad Fauji

Fuad Fauji

Helmi Darwan atau sering dipanggil teman-temannya Mamz, Abah, Full, Diding terakhir Bos. “Makanya repot juga, berapa kali harus bikin nasi kuning” katanya. Dia sangat mencintai kota kecil ini, dulu di SMA dia bercita–cita ingin punya grup Band untuk kota ini. Maka setelah lulus, waktunya dihabiskan untuk main Band dan membaca, namun setelah 10 tahun bosan juga. Tahun 2002 adalah titik balik baginya. Karena tahun itu ia masuk Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang. Pertemuannya dengan beberapa kawan baru di kampus membawanya menjadi pendiri Perpustakaan Ramandha dan salah satu pendiri Saidjah Forum. Hingga kini Helmi aktif sebagai pengurus program Saidjah Forum, dalam mengembangkan kegiatan sosial dan budaya masyarakat muda di Rangkasbitung.

Helmi Darwan

Helmi Darwan

Firmansyah alias Zadel biasa dipanggi Aboy di Saidjah Forum memilih beraktifitas dan tinggal di kotanya. Bukannya tidak mau pergi ke kota lain tetapi lebih karena tidak punya kenalan di kota lain. Pria ini memiliki gerak yang enerjik yang sedari kecil hingga remaja memimpikan jadi musisi seperti idolanya. Selain bermusik dan beraktifitas di Saidjah Forum ia juga berkerja sebagai pedagang ayam potong di Pasar Pagi Rangkasbitung. Ketika berbicara sesekali diselingi dengan kata “bercanda!!’ habisnya dia tidak suka sama orbrolan yang serius, terlalu kolot ujarnya sambil tertawa. Di jamannya waktu SMU dia dikenal sebagai orang yang pendiam. Remaja ini pernah menjadi seksi kesenian di sekolahnya. Makanya jika berbicara seni dia lebih memilih diam. Tolong tulis juga bahwa kesukaanku yang lain yaitu Kopi Lampung, enak banget sambil terkekeh.

Firmansyah

Firmansyah

Jaenudin atau biasa dipanggil Abeng, ayah bagi 2 anak. Bagi dirinya musik bukan hanya sebagai hobi tapi merupakan jalan yang tidak bisa lepas dari kehidupannya. Dulu dirinya pernah bekerja dibeberapa pabrik, salah satunya adalah Pabrik Mayora selama 1 tahun dan Pabrik Rotindo di Tangerang sebuah pabrik rotan selama 2 tahun setengah. Perjalanannya juga pernah membawanya berdagang Pempek, dan akhirya musik jugalah yang membuatnya kembali ke pekerjaan sekarang, yaitu sebagai pengurus studio musik M2 dan fokus pada grup musiknya. Pertemuannya dengan Saidjah Forum diawali dengan pertemanannya dengan Helmi dan Fuad. ia juga ingin bercita-cita menguasai teknik sound engineering agar para pemuda di Rangkasbitung bisa menjadi terkenal.

Jaenudin

Jaenudin

Santi Susanti asli dari Rangkasbitung. Lulusan D1 Komputer Bisnis di salah satu perguruan tinggi swasta Bandung yang kini berwiraswasta membuka usaha dagang di daerah Terminal Mandala Rangkasbitung. Perempuan yang kini berusia 27 tahun berencana akan melanjutkan pendidikan keguruan di Universitas terbuka Rangkasbitung. Ia pernah bekerja selama dua tahun sebagai Quality Control Staff (2000-2002) di PT. Serim Indonesia, Legok-Tangerang. Perkenalannya dengan Helmi membuat perempuan ini dikenal sebagai simpatisan Saidjah Forum. Dengan alasan ingin menambah pengetahuan dan wawasan, kini dia mengikuti kerja proyek Aku Massa 2008. Alih–alih gagal sebagai ahli komputer dengan alasan ingin belajar editing, kini dia menekuni keguruan berharap menjadi Pegawai Negeri Sipil. Dalam proyek Aku Massa ini, dia menginginkan kembali untuk mahir penggunaan komputer dalam hal mengedit audio-visual dan mempunyai karya pribadi yang baik.

Santi Susanti

Santi Susanti

Badrul atau Cak Rob kini aktif sebagai pengurus Saidjah Forum menangani Riset dan Data. Cak Rob biasa dipekerjakan sebagai guru bahasa Inggris di Saidjah Forum. Pernah punya band Underground terkenal di Rangkasbitung dan Jakarta. Kini dia sekarang mengajar les privat untuk yang berminat berbahasa Inggris. Dalam proyek Aku Massa ini dia berharap memiliki karya yang bisa dinikmati semua orang dan hingga saat ini masih berharap untuk menjadi artis terkenal.

Cak Rob

Cak Rob

Risfa Firdayanti, akrab dipanggil Ivo oleh kawan-kawannya lahir di Lebak. Sekilas dia menceritakan pendidikannya dengan diselingi senyum malu-malu berkata, “Aku lulus sekolah Tahun Ajaran 2008 dari SMKN 1 Rangkasbitung”. Aku sangat menyenangi musik genre apapun waktu lalu, tapi baru-baru ini aku menyukai musik Pop. Wanita yang katannya menyukai warna putih dan hitam ini memiliki impian menjadi seorang public relation di perusahaan nasional. Aktivitas sehari-harinya hanyalah menjaga rumah, dan siang harinya melanjutkan sekolah ke kampus STKIP Setia Budhi, sangat menjenuhkan memang tapi aku sejauh ini menikmatinya, ujarnya sambil tersenyum. Alasan bergabung di Saidjah Forum ini, ingin menambah teman, pengalaman dan pengetahuan untuk lebih tahu tentang segala budaya di sekitar, khususnya daerah sendiri dan pengetahuan tentang Aku-Massa seluas-luasnya.

Risfa Firdayanti

Risfa Firdayanti

Syaiful Anwar yang akrab disapa Paul, sarjana ilmu komunikasi jurusan jurnalistik dari Kampus IISIP (Institut Ilmu sosial dan Ilmu Politik) Jakarta. Aktif di Forum Lenteng sebagai Koordinator Produksi. Pria kelahiran 26 Februari 1983 ini bercita-cita ingin memiliki usaha mandiri agar ia lebih leluasa membuat video.

Syaiful Anwar

Syaiful Anwar

Maulana Muhamad Pasha di panggil Adel Pasha kelahiran Jakarta 4 Januari 1983, Aktif di Forum Lenteng sebagai Koordinator Workshop. sarjana ilmu komunikasi jurusan jurnalistik yang memiliki hobi terhadap video dan sepak bola. Pernah berkerja sebagai pegawai asuransi di salah satu Bank swasta di Jakarta, di masa depan ia bercita-cita ingin mempelajari arsitektur dengan benar.

Maulana M. Pasha

Maulana M. Pasha

banyak hal yang menarik terjadi baik dalam diskusi dan pengerjaan aksi di lapangan. Dugaan-dugaan berdasarkan riset sampai gagal menunggu momen menjadi warna tersendiri. pengalaman para partisipan banyak memberi pelajaran dan bentukan yang istimewa. Mari rekam,  akumassa.

Tentang Penulis

Maulana Muhamad Pasha

Maulana Muhamad Pasha, pria kelahiran Jakarta, 4 Januari 1983 ini kini aktif menjadi video maker di Indonesia. Karya-karyanya sering menghiasi galeri-galeri seni rupa, baik nasional maupun internasional. Beberapa karyanya pernah menjuarai festifal di antaranya, Festifal ASEAN New Media Art (2007), Indonesia Art Award (2008) dan FFTV-IKJ Long Short Film (2008). Sebelumnya, pria yang menamatkan pendidikan terakhirnya di Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Jakarta ini pernah menjadi wartawan di beberapa media di Indonesia.

Tinggalkan Komentar

comm comm comm

www.akumassa.org adalah bagian dari program akumassa yang digagas oleh Forum Lenteng sebagai sebuah program pemberdayaan komunitas dengan berbagai media komunikasi, antara lain: video, teks, dan suara. akumassa memiliki strategi: penggerakan motivasi, memproduksi karya, pendokumentasian, berkelanjutan, pemberdayaan medium filem dan video, berbagi informasi serta merekam potensi lokal dengan cara berkolaborasi dengan komunitas dampingan.

akumassa:
Jl. Raya Lenteng Agung No.34 RT.007/RW.02
Lenteng Agung - Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12610
Telp. (+6221) 78840373

www.akumassa.org // info@akumassa.org

© Agustus 2008 - 2008 ( akumassa )

// Forum Lenteng // Jurnal Footage // Arkipel // Dongeng Rangkas // Naga // Anak Sabiran // Radio akumassa //