Profil Partisipan akumassa Pemenang

akumassa, Forum Lenteng, kini telah memulai program workshop di Pemenang, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Bekerjasama dengan Komunitas Pasir Putih, yang sengaja dibentuk akhir 2009 untuk mendukung program ini. Anggota komunitas ini merupakan gabungan dari beberapa komunitas yang berdiri sebelumnya, diantaranya: Teater Nol (North Of Lombok), Teater Satu, dua komunitas teater yang cukup aktif melakukan pementasan publik, Komunitas Akarpohon, Mataram yang bergelut di bidang sastra, Komunitas Barackshieva yang aktif di bidang sosial dan lingkungan hidup dan Komunitas Remaja Masjid Ass-Shirathal Mustaqim, Pemenang aktif di bidang sosial keagamaan.

- – - – - – - – - – - – - – - – - – - – - – - – - – - – - – - – - – - – - – - – - – - – - – - – - – - – - – - – - – -

Profil Partisipan

Prabu

Prabu

1.    Muhammad Gozali, biasa disapa Prabu. Ia merupakan Ketua Komunitas Pasir Putih, dia juga seorang Guru Madrasah yang aktif ber-teater dan hobi memancing.

- – - – - – - -

Wawan

Wawan

2.    Lalu Safwan Hadi, biasa disapa Wawan. Ia adalah staf pengajar di SDN 5 Tanjung dan juga anggota Teater NOL. Dahulu senang nongkrong dan pretelin sepeda motor. Motto hidupnya adalah “Berusaha Ada Bagi Keluarga dan Masyarakat”.

- – - – - – - -

Wiwin

Wiwin

3.    Wiwin Tri Komala, biasa disapa Wiwin. Seorang guru PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) di sudut kota Pemenang. Mahasiswi yang lahir di Gili Trawangan ini mengambil jurusan Sosiologi di STKIP Gondang, tapi sampai sekarang tidak bisa berbahasa Inggris.

- – - – - – - -

Imam

Imam

4.    Imam Safwan, biasa disapa Imam. Ia adalah penggagas Teater NOL (North Of Lombok), salah satu pengajar di SMP 3 Tanjung, dan pernah beberapa kali membuat film dan video klip musik dengan modal seadanya.

- – - – - – - -

Jabo

Jabo

5.    Syamsul Fajri Nurawat, biasa disapa Jabo. Ia merupakan penggiat Komunitas Akarpohon Mataram, mengajar lukis di SD/ SMP Katolik Mataram, lulusan STSI Bandung ini juga merupakan anggota dewan redaksi Jurnal Replika.

- – - – - – - -

Kiki

Kiki

6.    Kiki Sulistyo, biasa disapa Kiki. Ia adalah dedengkot di Komunitas Akarpohon, Mataram. kegiatannya menulis puisi, cerpen, naskah lakon, resensi buku, esay dan reportase seni pertunjukkan. Ia juga redaktur pelaksana Jurnal Replika.

- – - – - – - -

Jatul

Jatul

7.    Hujjatul Islam, biasa disapa Jatul. Ia adalah pengangguran yang senang melukis, karena kreatifitasnya ia kemudian didaulat oleh rekan-rekan remaja masjid untuk mengurus Seksi Publikasi, Dekorasi dan Dokumentasi Remaja Masjid Ass-Shirathal Mustaqim, Pemenang.

- – - – - – - -

Eleng

Eleng

8.    Lalu Herlan, biasa dispa Eleng. Termasuk  anak gerbung (tempat nongkrong pemuda), sempat mengembara di Jakarta untuk meniti karir, tapi akhirnya pulang kampung sebagai anggota Komunitas Barackshieva.

- – - – - – - -

Ali

Maldi

9.    Lalu Maldi, biasa disapa Ali. Ia merupakan salah satu anggota Remaja Masjid Ass-Shirathal Mustaqim, Seksi Pemuda dan Olahraga. Biasanya sering membantu ibu menjual kue mimis bedil (peluru senapan model kuno).

- – - – - – - -

Rosmayadi

Rosmayadi

10.    Rosmayadi. Pria kelahiran 1987 di Pemenang ini hobinya bangun tidur, minum kopi dan tidak lupa merokok, kemudian tidur lagi, bangun lagi, ngopi dan ngerokok lagi. Sesekali ia menjadi Mahasiswa STKIP Hamzanwadi Selong dan aktif di Teater Satu.

- – - – - – - -

Hana

Hana

11.    Hanani, biasa disapa Hana. Selain berstatus mahasiswi, wanita berkaca mata ini merupakan guru MTs (Sekolah Menengah Islam). Ia juga merupakan anggota sebuah lembaga sosial yang mengangkat isu-isu perempuan. Suka berbicara tentang gender dan berharap seperti Gus Dur; bebas tanpa kehilangan identitas.

- – - – - – - -

Harry Potter

Harry Potter

12.    Saharudin Efendi, biasa disapa Harry Potter. Ia pernah menjadi guide turis ke tiga gili, pernah menjadi pedagang asongan untuk para wisatawan dan kini menjadi Bandar Laptop. Ia merupakan Ketua YKM, dan Ketua LP3M.

- – - – - – - -

Aan

Aan

13.    Subhan Aziz, biasa disapa Aan. Seorang penjaga rental komputer dan tergabung dalam sebuah geng motor bernama Bentek Club. Ia juga pernah berniat merantau ke luar negeri namun terdampar di Jakarta beberapa bulan sebelum pulang lagi ke kampung halaman.

Tentang Penulis

akumassa forum lenteng

Website: http://akumassa.org/

www.akumassa.org terbit didasari atas gagasan tentang jurnalisme warga, masyarakat khususnya pekerja kreatif muda (usia 20-30 tahun) yang dapat memanfaatkan teknologi modern dan internet global ini sebagai media informasi alternatif dan juga untuk melengkapi maupun memeriksa fakta-fakta yang diberitakan dalam media. Apa yang dikerjakan oleh Forum Lenteng selama ini, adalah sebuah usaha mengumpulkan narasi-narasi kecil tentang kota, Jakarta khususnya. Narasi-narasi yang dituturkan ’sendiri’ oleh masyarakatnya. Karena selama ini berita-berita yang diketahui oleh masyarakat berada pada kuasa media massa besar. Dengan gagasan tersebut di atas Forum Lenteng berinisiatif untuk membuat media massa alternatif berbasis jaringan internet dalam bentuk blog yang diaplikasikan ke dalam program dan ide akumassa. Isi dalam artikel-artikel yang terbit dalam www.akumassa.org berisi tentang kepingan-kepingan kecil akan sejarah dan peristiwa di tiap kota dampingan ataupun kota di luarnya.

Komunitas Pasir Putih

Memang sengaja dibentuk akhir 2009 di Pemenang, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat untuk mendukung kerjasama dengan akumassa Forum Lenteng. Komunitas ini terdiri dari beberapa komunitas yang berdiri sebelumnya, diantaranya: Teater Nol (North Of Lombok) dan Teater Satu, dua komunitas teater ini cukup aktif melakukan pementasan publik, selain itu ada pula Komunitas Akarpohon, Mataram yang bergelut di bidang sastra, Komunitas Barackshieva yang aktif di bidang sosial dan lingkungan hidup dan Komunitas Remaja Masjid Ass-Shirathal Mustaqim, Pemenang aktif di bidang sosial keagamaan.

11 Komentar pada "Profil Partisipan akumassa Pemenang"

  1. daviddarmadi 11 Januari 2010 pukul 12:45 · Balas

    Wah keren…akumassa dah sampai ke Lombok,
    Salam akumassa buat akumassa Pemenang..
    luck luck bwt akumassa ^^

  2. jurusyahid 11 Januari 2010 pukul 15:10 · Balas

    Wah ternyata anak2 Komunitas Pasir Putih nggak jauh beda sama anak2 komunitas djuanda berlatar belakang kaum santri…. Cayo semakin beragam jejaring akumassa se-Indonesia dari Sarueh yg paling Barat sampai Pasir Putih yg paling timur dan komunitas djuanda yg berada di tengah-tengah…

  3. anggie 11 Januari 2010 pukul 15:11 · Balas

    selamat datang…

  4. Hafiz 11 Januari 2010 pukul 20:50 · Balas

    Ada semangat yang lain di Desa Pemenang Barat yaitu; kolaborasi dan ikatan sosial di masyarakatnya. Pengalaman saya beberapa hari di sana, Komunitas Pasir Putih yang dibentuk oleh beberapa komunitas yang sebelumnya telah melakukan kegiatan sosial budaya dan menyatu dengan masyarakat adalah kombinasi yang menarik. Mimpi, komunitas yang bejaringan dan menjadi bagian dari masyarakat adalah mimpi akumassa. Jadi, Komunitas Pasir Putih telah mempunyai modal itu untuk mengembangkan “ide” akumassa ke masyarakat. Selamat datang kawan-kawan, semoga kita dapat memberikan yang tebaik untuk masyarakat.

    Salam
    Hafiz

  5. koordinator program akumassa 12 Januari 2010 pukul 10:46 · Balas

    SELAMAT DATANG DI JARINGAN AKUMASSA, KAWAN.

  6. komunitas Pasir Putih Lombok Utara 13 Januari 2010 pukul 00:09 · Balas

    (Gozali) Thanks bwt Bang Hafiz, Mbak Otty n kawan-kawan dari Forum Lenteng. Salam akumassa bwt Sahabat akumassa semuanya Komunitas djuanda, ASP, Gardu Unik, Sarueh dan Saidjah salam kenal dari Komunitas Pasir Putih. Semoga kehadiran kita semua yang beragam menjadi jejaring yang menarik dan cerdas menyatu dengan massa “Bareng-bareng tan Semeton” Lets go… merdeka… akumassa, laun ta menempur

  7. Imam FR 15 Januari 2010 pukul 19:37 · Balas

    joss…

    salut.. sesalut gerry sallut mamamia lezatos

    ada harapan dan optimisme besar tersirat dari komunitas Pasir Putih.
    atmosfer itu begitu terasa, menerobos angin dan awan hingga masuk ke kantor Komunitas Djuanda.

    selamat datang Komunitas Pasir Putih di jaringan akumassa..

  8. Nazwa 17 Januari 2010 pukul 12:49 · Balas

    Hanani biasa di panggil hanan kali………ha.ha.ha

  9. aprianto 18 April 2010 pukul 14:52 · Balas

    maju terus…

  10. Arista 2 Agustus 2010 pukul 10:51 · Balas

    Wah aku sempet kaget nich…kalo ada akumassa di Pemenang..secara aku tuh tinggal di Karang Petak, Pemenang Timur, meski baru 3 th dan tinggal di mess LIPI cm 6 bln tapi baru kenal dgn akumassa Pemenang lewat website..aku tertarik banget untuk gabung..kira – kira bisa nggak ya?????meski aku orang perantauan yang terdampar di Pulau Lombok tapi aku ingin banget mengabdikan hidupku untuk masyarakat di Lombok Utara…
    GOOD LUCK YA……

  11. GEDE TISTA 23 Maret 2013 pukul 09:51 · Balas

    Salam sejatra buat rekan – rekan akumassa………selamat berkarya.

Tinggalkan Komentar

comm comm comm

www.akumassa.org adalah bagian dari program akumassa yang digagas oleh Forum Lenteng sebagai sebuah program pemberdayaan komunitas dengan berbagai media komunikasi, antara lain: video, teks, dan suara. akumassa memiliki strategi: penggerakan motivasi, memproduksi karya, pendokumentasian, berkelanjutan, pemberdayaan medium filem dan video, berbagi informasi serta merekam potensi lokal dengan cara berkolaborasi dengan komunitas dampingan.

akumassa:
Jl. Raya Lenteng Agung No.34 RT.007/RW.02
Lenteng Agung - Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12610
Telp. (+6221) 78840373

www.akumassa.org // info@akumassa.org

© Agustus 2008 - 2010 ( akumassa )

// Forum Lenteng // Jurnal Footage // Arkipel // Dongeng Rangkas // Naga // Anak Sabiran // Radio akumassa //