Video akumassa Padang Panjang: Babi VS Anjing

Oleh / pada 12 Agustus 2011 / di Padangpanjang, Sumatera Barat // Belum ada komentar

Babi VS Anjing merupakan salah satu karya video yang dihasilkan dalam program akumassa Padang Panjang yang bekerjasama dengan Komunitas Sarueh. Video ini diproduksi pada Februari 2009 menggunakan kamera video digital camcorder Sony DCR-HC52E , berdurasi 13 menit 34 detik.

 

Tradisi berburu telah sejak dahulu dilakukan oleh masyarakat Sumatera Barat, salah satunya di Kampung Jambak, Padang Panjang. Awalnya kegiatan ini ditujukan untuk berolahraga sekaligus mengusir babi yang dianggap hama saat musim panen tiba, namun lama-kelamaan tradisi berburu berkembang menjadi hobi, bahkan sebagai lahan bisnis. Semakin pintar anjing yang digunakan untuk berburu, maka semakin tinggi nilai jualnya.

Tradisi berburu babi hanya diikuti oleh kaum lelaki. Pertarungan babi melawan anjing ini tidaklah sederhana. Para pemburu benar-benar melatih anjing mereka terlebih dahulu sebelum perburuan dimulai. Untuk berlatih, seekor babi diikat kemudian dikeroyok oleh anjing-anjing pemburu. Hal ini menjadi tontonan yang diminati oleh masyarakat, dari mulai dewasa hingga anak-anak.

Sebelum perburuan dimulai, biasanya para pemburu babi sering mengadakan ritual agar Sibigau mau melepaskan hewan ternaknya. Masyarakat Mingakabau percaya bahwa Sibigau merupakan gembala pelindung babi.

Tentang Penulis

akumassa forum lenteng

Website: http://akumassa.org/

www.akumassa.org terbit didasari atas gagasan tentang jurnalisme warga, masyarakat khususnya pekerja kreatif muda (usia 20-30 tahun) yang dapat memanfaatkan teknologi modern dan internet global ini sebagai media informasi alternatif dan juga untuk melengkapi maupun memeriksa fakta-fakta yang diberitakan dalam media. Apa yang dikerjakan oleh Forum Lenteng selama ini, adalah sebuah usaha mengumpulkan narasi-narasi kecil tentang kota, Jakarta khususnya. Narasi-narasi yang dituturkan ’sendiri’ oleh masyarakatnya. Karena selama ini berita-berita yang diketahui oleh masyarakat berada pada kuasa media massa besar. Dengan gagasan tersebut di atas Forum Lenteng berinisiatif untuk membuat media massa alternatif berbasis jaringan internet dalam bentuk blog yang diaplikasikan ke dalam program dan ide akumassa. Isi dalam artikel-artikel yang terbit dalam www.akumassa.org berisi tentang kepingan-kepingan kecil akan sejarah dan peristiwa di tiap kota dampingan ataupun kota di luarnya.

Tinggalkan Komentar

comm comm comm

www.akumassa.org adalah bagian dari program akumassa yang digagas oleh Forum Lenteng sebagai sebuah program pemberdayaan komunitas dengan berbagai media komunikasi, antara lain: video, teks, dan suara. akumassa memiliki strategi: penggerakan motivasi, memproduksi karya, pendokumentasian, berkelanjutan, pemberdayaan medium filem dan video, berbagi informasi serta merekam potensi lokal dengan cara berkolaborasi dengan komunitas dampingan.

akumassa:
Jl. Raya Lenteng Agung No.34 RT.007/RW.02
Lenteng Agung - Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12610
Telp. (+6221) 78840373

www.akumassa.org // info@akumassa.org

© Agustus 2008 - 2011 ( akumassa )

// Forum Lenteng // Jurnal Footage // Arkipel // Dongeng Rangkas // Naga // Anak Sabiran // Radio akumassa //