Pemutaran Video akumassa di Perfilma FHUI

Oleh / pada 18 Maret 2012 / di Depok, Jawa Barat // 4 Komentar

 

Suasana ruang pemutaran video akumassa pada acara Pekan Raya Perfilma 2012 di FHUI

Berpasang-pasang mata di ruang gelap itu memusatkan pandangannya pada satu titik visual yang memutarkan rekaman video tentang banjir Kali Krukut. Semua terpaku pada audio yang bergema dan visual yang terputar di layar. ‘Banjir Tanpa Libur’ yang berdurasi 20 menit 41 detik ini menjadi video pembuka di acara Pekan Raya Perfilma 2012 yang diadakan di lantai dasar Gedung B, perpustakaan Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) pada tanggal 15 Maret 2012 kemarin. Selain ‘Banjir Tanpa Libur’, diputar juga lima video akumassa lain yaitu ‘Blora diujung Depok’ (Suburbia, Depok), ‘Men at Work’ (Forum Lenteng, Lenteng Agung), ‘ Tepian Sungai Ciujung’ (Saidjah Forum, Lebak), ‘Apel Malam’ (Komunitas Djuanda, Ciputat), dan ‘Negosiasi di Atas Air’ (Gardu Unik, Cirebon). Keenam video tersebut adalah hasil karya kolaborasi yang dilakukan oleh komunitas dampingan dalam workshop akumassa yang difasilitasi oleh Forum Lenteng untuk mengangkat isu lokal di daerah-daerah tersebut.

 

Para penonton sedang menyaksikan video Banjir Tanpa Libur

Ini adalah kali kedua Suburbia bertandang ke kampus kuning di bilangan Depok, kali ini untuk memenuhi undangan dari Perfilma (salah satu badan otonom di FHUI) yaitu memutar video produksi akumassa yang diadakan di hari keempat pekan raya tersebut. Acara dimulai pukul 13.00 sampai dengan pukul 16.00. Selain Suburbia, tamu undangan lain adalah the Cleansound, yaitu komunitas yang eksis melalui film-film pendek yang umumnya menceritakan keseharian seorang mahasiswa yang dikemas dengan humor. Jika video akumassa mengusung isu lokal kedaerahan pada dokumenternya, maka lain lagi dengan video produksi the Cleansound yang mengusung tentang keseharian mahasiswa dengan bumbu-bumbu humornya.

Durasi 90 menit untuk video akumassa terhabiskan, tepuk tangan bergema sebagai bentuk apresiasi penonton. Lulus Gita Samudra maju sebagai perwakilan Suburbia untuk memperkenalkan akumassa kepada hadirin. Sayangnya pada acara tersebut tidak diadakan dialog seputar isi video, sehingga kami tidak dapat melihat lebih dalam respon penonton terhadap video-video akumassa yang baru diputar. Namun setidaknya, kami berharap penonton dapat menangkap isu lokal yang disuguhkan dari video-video tersebut.

 

Perfilma, Suburbia dan the Cleansound foto bersama

Acara ditutup dengan foto bersama antara Suburbia, the Cleansound dan pihak panitia Perfilma. Lalu, Dian Komala mewakili Suburbia maju ke depan untuk menerima sertifikat dari Perfilma. Aku, Zikri, Lulus dan Dian merasa bangga karena akumassa khususnya Suburbia makin melebarkan jaringan pertemanan dengan komunitas-komunitas kreatif di instansi pendidikan tersebut di antaranya Perfilma. Setelah sebelumnya mengadakan pemutaran dengan Lensamassa dan kini tengah mengerjakan proyek kolaborasi dengan komunitas FIKTIF UI.

 

Tentang Penulis

Jayu Julie

Dilahirkan di Garut pada tanggal 4 Juli 1989. Sekarang sedang menyelesaikan studi akhirnya di Universitas Islam Negri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta Fakultas Manajemen Akuntansi. Selain itu ia juga aktif sebagai akuntan Forum Lenteng dan aktif di komunitas Suburbia.

4 Komentar pada "Pemutaran Video akumassa di Perfilma FHUI"

  1. otty 20 Maret 2012 pukul 10:58 · Balas

    sayang ga ada diskusi ya yang bisa ngukur apresiasi. anyway. congrats!

  2. maldini 20 Maret 2012 pukul 21:25 · Balas

    sayang video Komunitas Pasir Putih gak di putar

  3. otty 20 Maret 2012 pukul 22:40 · Balas

    poto propil si jayu kaya bintang pelem 90an ya

  4. erik 21 Maret 2012 pukul 02:32 · Balas

    jayu julie

Tinggalkan Komentar

comm comm comm

www.akumassa.org adalah bagian dari program akumassa yang digagas oleh Forum Lenteng sebagai sebuah program pemberdayaan komunitas dengan berbagai media komunikasi, antara lain: video, teks, dan suara. akumassa memiliki strategi: penggerakan motivasi, memproduksi karya, pendokumentasian, berkelanjutan, pemberdayaan medium filem dan video, berbagi informasi serta merekam potensi lokal dengan cara berkolaborasi dengan komunitas dampingan.

akumassa:
Jl. Raya Lenteng Agung No.34 RT.007/RW.02
Lenteng Agung - Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12610
Telp. (+6221) 78840373

www.akumassa.org // info@akumassa.org

© Agustus 2008 - 2012 ( akumassa )

// Forum Lenteng // Jurnal Footage // Arkipel // Dongeng Rangkas // Naga // Anak Sabiran // Radio akumassa //